latest Post

Sejarah Lahirnya Bahasa Indonesia

1.      Pendahuluan
1.1.Latar Belakang
Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional yang mengalami perjalanan sejarah yang panjang. Perjalanan yang ditempuh oleh bahasa indonesia tak terpisahkan dengan perjalanan yang ditempuh oleh bangsa Indonesia untuk merdeka.
Peristiwa bersejarah yang monumental bagi bangsa dan bahasa indonesia adalah diikrarkannya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 di Jakarta. Ikrar sumpah pemuda yang terdiri dari tiga butir yang diantaranya berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia”. Hal ini membuktikan bahwa adanya kebulatan tekad untuk menjunjung bahasa indonesia menjadi bahasa persatuan.
Nama bahasa indonesia baru dikenal sejak 28 Oktober 1928, yang sebelumnya bernama bahasa melayu. Bahasa melayu yang mendasari bahasa indonesia yang kemudian dijadikan bahasa persatuan. Namun, dari hal ini para sosiologi bahasa tertarik untuk meneliti kondisi apa yang memungkinkan bahasa melayu dipilih dan disepakati untuk dijadikan sebagai bahasa persatuan, mengapa tidak bahasa yang lainnya seperti bahasa jawa, sunda yang jumlah penuturnya lebih banyak dari pada bahasa melayu. Para ahli pun ikut berpendapat tentang kapan sebenarnya  bahasa Indonesia itu lahir.
1.2.Rumusan Masalah
1.      Mengapa bahasa melayu dipilih menjadi bahasa asli bangsa Indonesia?
2.      Bagaimana perkembangan bahasa melayu menjadi bahasa Indonesia?
3.      Kapan bahasa Indonesia lahir?

2.      Pembahasan    
2.1.   Faktor yang mempengaruhi bahasa melayu dipilih menjadi bahasa asli bangsa Indonesia
Menurut para ahli ada beberapa faktor yang mendasar mengapa bahasa melayu menjadi bahasa asli dari bahasa Indonesia, yaitu :
1.      Bahasa melayu sudah merupakan lingua franca di indonesia, bahasa perhubungan dan bahasa  perdagangan
2.      Sistem bahasa melayu sederhana, mudah dipelajari karena dalam dalam bahasa ini tidak dikenal tingkatan bahasa seperti dalam bahasa jawa (ngoko,kromo)
3.      Suku jawa, suku sunda, dan suku-suku yang lain dengan suka rela menerima bahsa melayu sebagai bahasa Nasioanal
2.2.Perkembangan bahasa melayu menjadi bahasa Indonesia

2.3.Lahirnya Bahasa Indonesia
Ada beberapa pendapat mengenai lahirnya bahasa Indonesia, yaitu sebagai berikut.
o   Menurut Gusti Ngurah Putrawan, bahasa Indonesia lahir pada awal abad ke-20 karena pada waktu itu pergerakan menentang penjajah Belanda memerlukan alat komunikasi yang dipahami oleh seluruh bangsa Indonesia, yaitu bahasa Indonesia.
o   Menurut Nugroho Notosusanto, bahasa Indonesia lahir pada tahun 1908 karena pada tahun tersebut rasa kebanggaan dan kebangsaan bangsa Indonesia mulai tumbuh dan berkembang di seluruh kawasan nusantara.
o   Menurut Umar Yunus, bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 karena pada waktu itu diadakan Sumpah Pemuda.
o   Menurut Slamet Mulyono, bahasa Indonesia lahir sejak dikumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 karena sejak itu negara Indonesia lahir.
o   Drs. C.A. Mees, seorang sarjana Belanda yang menyatakan bahwa bahasa Indonesia lahir pada 25 Juni 1918 karena pada tanggal, bulan, dan tahun tersebut bahasa Melayu mendapat pengakuan secara resmi dalam Dewan Rakyat Pemerintahan Belanda.

3.      Penutup
3.1.Komentar
Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, karena bahasa Indonesia terus menghasilkan kata-kata baru dari penyerapan bahasa daerah dan bahasa asing.
Namun pada zaman modern sekarang banyak  penyalahgunaan bahasa yang sebenarnya tidak kita ketahui arti nya. Selain itu penggunaan kata-kata yang tidak baku oleh remaja saat ini menyebabkan kurangnya minat para remaja menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Sebaliknya warga negara asing lebih tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia.
 Kapan pun bahasa indonesia itu lahir, yang terpenting bagi kita adalah pada saat ini, kita para generasi muda haru terus melestarikan bahasa persatuan kita, bahasa indonesia.

3.2.Simpulan
Berdasarkan pendapat tersebut, kelahiran bahasa Indonesia secara umum dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
o   Bahasa Indonesia lahir pada tahun 1908, dikarena pada waktu itu mulai muncul rasa nasionalisme yang akhirnya melahirkan Budi Utomo. Tahun 1908 merupakan kelahiran bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.
o   Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. Karena pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dan berikrar: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
o   Bahasa Indonesia lahir pada 18 Agustus 1945. Hal yang mendasari pendapat ini adalah pengesahan UUD 1945 yang salah satu pasalnya, yaitu Pasal 36 yang menunjukkan kedudukan bahasa Indonesia. Kelahiran bahasa Indonesia sehari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia itu adalah dalam kapasitas sebagai bahasa resmi.  

Jadi, sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia lahir pada tahun 1908; sebagai bahasa persatuan, bahasa Indonesia lahir pada 28 Oktober 1928; dan sebagai bahasa resmi, bahasa Indonesia lahir pada 18 Agustus 1945.

Daftar Pustaka
1.      Sairin. 2012. Sejarah Indonesia. Blog. http://sairin296.blogspot.com/2012/10/sejarah-lahirnya-bahasa-indonesia.html [diakses tanggal 24 September 2014].
2.      Pustaka Digital Indonesia. 2011. Sejarah Lahirnya Bahasa Indonesia. Blog. http://pustakadigitalindonesia.blogspot.com/2011/11/sejarah-lahirnya-bahasa-indonesia.html [diakses tanggal 24 September 2014].
3.      Dhanu Thirta. 2012. Kapan Bahasa Indonesia Lahir?. Blog http://dhanutirtha.blogspot.com/2012/11/kapan-bahasa-indonesia-lahir_1.html [diakses tanggal 26 September 2014].

4.      Angin Malam. 2012. Asal mula bahasa indonesia dan perkembangan nya. Wordpress. http://uccyjhe.wordpress.com/2012/11/19/asal-mula-bahasa-indonesia-dan-perkrmbangannya/ [diakses tanggal 26 September 2014].

About Unknown

Unknown
Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment