latest Post

Perkembangan Processor

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Mikroprocessor atau yang sering disebut processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem computer  dan di gunakan sebagai pusat /otak dari computer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah di sediakan oleh motherboard, dan dapat disesuaikan dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan computer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Salah satu jenis processor adalah AMD. AMD adalah kependekan dari Advanced Micro Device Inc yang merupakan pesaing utama intel.  Processor jenis ini banyak diminati oleh penghobi game. Karena ada salah satu produknya yang dilengkapi dengan VGA Ati Radeon. Jika dibanding dengan intel, konsumsi daya AMD lebih besar, sehingga lebih boros listrik. Sekarang kita akan membahas tentang perkembangan Processor AMD.
1.2  Batasan Materi
Apa Itu Processor AMD ?
Sejarah Perkembangan  Processor AMD
Kelebihan Dan Kekurangan Processor AMD?
Perbedaan Processor AMD dan Intel



BAB 2
PEMBAHASAN

 2.1 Processor AMD
AMD (Advanced Micro Devices, Inc) NYSE: AMD adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Sunnyvale, California yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.
Pada tahun 2011 AMD mengeluarkan prodak terbaru yang bernama AMD Accelerated Processing Unit. yang dimana tekhnologi ini menggabungkan unit processor AMD, chipset northbride dan chipset pengolah grafis (GPU) Radeon. keunggulan dari AMD APU adalah kinerja pengolah grafis yang setara dengan kartu grafis professional yang dimana juga bisa menggunakan kartu grafis AMD Radeon seri tertentu untuk meningkatkan kinerja grafis sampai 2x kali lipat dengan teknologi AMD Dual Grapich dan pada tahun ini juga AMD mengeluarkan processor AMD FX yang menggunakan arsitektur modular terbaru yang agak mirip dengan feature hypertreading intel, yang dimana di harapkan dengan arsitektur modular ini, AMD bisa menciptakan processor yang lebih hemat daya, rendah suhu dan juga memiliki harga yang terjangkau di banding dengan konsep arsitektur multithread biasa yang dipakai di processor generasi sebelumnya. Selain memperkenalkan prodak terbaru, AMD juga agressif untuk dukungan software salah satunya adalah memperbanyak dukungan game dan software yang di optimalisasikan dengan prodak AMD baik processor dan kartu grafis. AMD juga mengadakan program nevel settle bundle pada tahun 2012-2013 yang dimana memberikan kupon beberapa game yang sudah di optimalisasikan dengan kartu grafis dan processor AMD apu terbaru AMD salah satunya adalah game farcry 3.
Beberapa produk mikroprosesornya yaitu:
Beberapa prodak kartu grafis nya yaitu :
  1. Untuk pangsa pasar server :
    • Opteron
  1. Untuk pangsa pasar desktop :
    • Radeon
  1. Untuk pangsa pasar Desktop  :
    • AMD FX
    • APU A SERIES
  1. Untuk pangsa pasar laptop :
    • Radeon Mobile
  1. Untuk pangsa pasar laptop :
    • APU A SERIES
  1. Untuk pangsa pasar professional dan pangsa pasar server :
    • FIREPRO
  1. Untuk pangsa pasar prodak embeded :
    • APU G SERIES
  1. Untuk server cloud khusus gaming
    • Radeon sky
  1. Untuk pangsa pasar prodak tablet pc :
    • APU Z SERIES


2.2 Sejarah Perkembangan  Processor AMD
1.      AMD K5, awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yg mendukung Intel. Jadi motherboard yg mendukung Intel akan mendukung pula AMD K5. Pada waktu itu tidak semua motherboard dapat langsung mengenali AMD dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.
\ 
2.      AMD K 6, Prosesor AMD K6 merupakan prosesor generasi ke-6 dengan peforma tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yg mendukung Intel Pentium. AMD K6 sendiri masih dibagi lagi modelnya nya yaitu : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III.



3.      AMD Duron , AMD Duron merupakan keluarga prosesor versi murah yang dikenal pada tahun 2000, awalnya prosesor ini memiliki code nama Spitfire yg dibuat berdasarkan Core Thunderbird. AMD Duron merupakan versi AMD Athlon yg “diringkas” ia memiliki semua arsitektur yg dimiliki AMD Athlon. Kinerja AMD Duron dengan AMD Athlon hampir sama hanya beda 7%-10% lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Saat ini AMD sudah menghentikan produksi AMD Duron.


4.      AMD Athlon
AMD Athlon merupakan pengganti dari mikroprosesor seri AMD K6. Prosessor ini merupakan aksi come-back AMD ke pasar industri mikro-prosesor high-end dan AMD ingin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industri mikroprosesor. Prosesor ini mengungguli Intel Pentium III Katmai dan baru dapat didekati oleh Intel Pentium III Coppermine. Fitur lainya prosesor ini adalah AMD Athlon dapat dijadikan prosesor untuk system multiprosesor seperti halnya prosesor generasi keenam intel. Dengan menggunakan chipset AMD 750 MP dan AMD 760 MPX, prosesor AMD mewujudkan komputer yg memiliki dua prosesor AMD Athlon.



5.      AMD ATLHON K7
Athlon adalah seri produk mikroprosesor untuk PC (Personal Computer) yang dibuat oleh perusahaan AMD, termasuk golongan prosesor x86 generasi ketujuh yang dibangun berdasarkan mikroarsitektur AMD K7.

Prosesor Athlon yang diproduksi oleh AMD antara lain prosesor Athlon dengan corenamed Argon, Pluto/Orion, dan Thunderbird. Prosesor Argon dan Pluto/Orion, sering disebut dengan istilah Athlon Classic. Prosesor Athlon Classic ini dirilis pertama kali ke pasaran pada tahun 1999 untuk menggantikan produk prosesor sebelumnya, yaitu AMD K6 yang dulu didesain oleh NexGen 5 Corporation. Desain prosesor Athlon Classic ini benar-benar baru dan berbeda dengan AMD K6. Bila AMD K6 masih menggunakan dudukan prosesor tipe soket 7, maka prosesor Athlon Classic menggunakan dudukan prosesor tipe slot A (575 pin BGA – 242 pin SEC) yang wujudnya mirip dengan slot 1 (242-pin SECC) milik prosesor Pentium II atau Pentium III buatan Intel yang telah beredar lebih dahulu di pasaran. Slot A dan slot 1 ini tidak saling kompatibel karena penempatan posisi pin-nya berbeda. Kapasitas L1 cache sebesar 128 KB ini menjadikan Athlon Classic memegang rekor baru, yaitu prosesor pertama dari golongan x86 yang memiliki LI Cache paling besar.
Prosesor Athlon Classic memiliki L2 Cache 512 KB, dan FSB 200 MT/s (100 MHz, double pump). L2 Cache tersebut merupakan L2 Cache eksternal, artinya L2 Cache tadi tidak berada di dalam chip prosesor tetapi diletakkan pada cartridge di dekat chip prosesor. Kecepatan L2 Cache tidak sama dengan kecepatan prosesornya. Kecepatan L2 Cache tersebut 50%, 40%, atau 30% dari kecepatan prosesornya.
Semua prosesor Athlon Classic memiliki fitur teknologi MMX dan 3Dnow.Teknologi 3Dnow Berfungsi untuk menjalankan aplikasi 3D berkecepatan tinggi. Kinerja Athlon Classic ini diketahui jauh lebih baik dibandingkan prosesor pendahulunya, yaitu AMD K6. Arsitektur AMD Athlon mirip dengan DEC (Digital Equipment Corporation) Alpha 21164 dan 21264. AMD Athlon menggunakan bus DEC EV6. Prosesor AMD Athlon dapat dijadikan untuk sistem multiprosesor. Dengan dukungan chipset AMD 750MP (iron gate) dan AMD 6 760MPX, dapat dibangun sebuah komputer yang memiliki dua prosesor AMD Athlon.

6.       AMD ATHLON XP
Tahun 2001, perusahaan AMD merilis prosesor baru yang masih termasuk jajaran prosesor AMD K7, yaitu AMD Athlon XP. Prosesor ini dilengkapi fitur MMX, 3DNow, dan SSE (Streaming SIMD Extentions atau lengkapnya Streaming ‘Single Instruction, Multiple Data’ Extensions). Fitur SSE ini adalah tambahan fitur baru. Pada prosesor sebelumnya, fitur tersebut tidak ada. Seluruh prosesornya menggunakan soket A (EV6) yang memiliki 462 pin OPGA.. Front Side Bus yang dimiliki juga semakin besar, yakni 266 MT/s (133 MHz double pumped), 333 MT/s (166 MHz, double pumped), atau 400 MT/s (200 MHz, double pumped), tergantung variannya. Prosesor Athlon XP memiliki L1 Cache sebesar 128 (64 KB untuk cache data dan 64 KB cache untuk cache instruksi), sama seperti prosesor pendahulunya. Sedangkan L2 Cache-nya bervariasi, ada yang 256 KB, ada pula yang 512 KB. L2 Cache ini berkecepatan penuh (full core speed), maksudnya mempunyai kecepatan yang sama dengan kecepatan prosesornya.
7.      AMD Athlon 64 FX
Prosesor ini memiliki 3 karakter penting :
1.      Dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan  kecepatan penuh
2.     Menawarkan perlindungan virus yg disebut Ehanced Virus Protection ketika dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition.
3.     System PC yg berbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yg antusias, penggemar olah Video-Audio (multimedia) dan para pemain Game.
8.      AMD Sempron
Prosesor ini adalah sebuah jajaran prosesor yg diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti prosesor AMD Duron dipasar komputer murah, untuk bersaing dengan prosesor IntelCeleron D. AMD Sempron terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
1.      AMD Sempron soket A
2.      AMD Sempron Soket 754
Versi soket A dari AMD Sempron adalah varian dari Sempron yg dibuat berdasarkan prosesor AMD Athlon XP Thoroughbred, karena pada saat itu AMD memang telah meluncurkan prosesor untuk pasar High-End AMD Athlon 64. AMD Sempron soket 754 adalah prosesor Sempron yg dibangun diatas arsitektur AMD64 demi meningkatkan kinerja yg dimilikinya. AMD Sempron memiliki kode nama Palermo yg sama seperti AMD Sempron soket A. Tetapi beberapa seri AMD Sempron fitur 64bit tidak diaktifkan sehingga hanya dapat mengeksekusi instruksi 32bit saja. Seperti halnya AMD Athlon 64 prosesor ini dilengkapi dengan satu buah link HyperTransport yg dapat dikoneksikan ke chipset motherboard.

9.      AMD 64 X2 Dual Core
Prosesor ini berbasis teknologi 64 bit dan ditujukan bagi kalangan pengguna media digital yg intensif. Dari sisi fitur prosesor ini dilengkapi dengan teknologi seperti HyperTransport yg mampu meningkatkan kinerja system secara keseluruhan dengan menyingkirkan bottlenecks pada level input output, meningkatkan bandwith, mengurangi latency system. Pendekatan yg digunakan disini adalah kontroler memori DDR yang sepenuhnya terintegrasi sehingga membantu mempercepat akses ke memori, dengan menyediakan jalur dai prosesor langsung ke memori utama. Hasilnya, bisa menikmati loading aplikasi yg lebih cepat dari performa aplikasi yg lebih meningkat.
10.  AMD Opteron
Prosesor ini untuk menandingi prosesor Intel Xeon di pasar Workstation dan Itanium dipasar High-End. Dibanding Intel Xeon yg berbasis mikroarsitektur Intel Netburst, AMD Opteron ini dapat dibilang menang telak dilihat dari kinerja yg ditunjukkan tiap watt yg digunakan (performance/watt), tapi belum dapat menandingi efisiensi prosesor Intel Itanium.
11.  AMD Phenom
AMD Phenom diluncurkan untuk menjawab permintaan pasar dan fansnya. Kemunculan ini sekaligus memanaskan kembali persaingan dengan rivalnya yang sudah terlebih dahulu meluncurkan prosesor berinti enam. Bersamaan dengan peluncuran perdana dua varian Phenom II X6 (1055T dan 1090T), AMD juga mengenalkan chipset baru yakni 890GX/FX untuk menemani Phenom II X6 ini.
Tak mau berlama lama kini amd telah siap dengan prosesor barunya lewat Amd phenom dengan FASN8 sebagai Kode namanya. Dengan architecture baru (K10) diharapkan phenom bisa memiliki kinerja yang bagus terlebih pada perlombaan kinerja di kelas cpu multi core.
12.  AMD Turion
AMD Turion memiliki 64 bit dengan daya konsumsi rendah. AMD jenis ini mendapatkan nama sandi K8L. AMD Turion 64 dan AMD Turion 64 X2 Ultra bersaing keras dengan prosesor Intel.


13.  AMD CADIZ

AMD Cadiz diperkenalkan sekitar tahun 2008. Deskripsi dari AMD Cadiz ini adalah 4-core, shared L2 cache, DDR2/3, HyperTransport3. Hyper Transport 3 menambahkan clock rate dan transfer rate baru, Hyper Transport 3.0 juga membawa beberapa fitur baru, seperti modus operasi AC, Link Splitting (Un-Ganging), Hot Plugging dan Dynamic Link Clock/Width Adjustment.
CPU AMD mendukung transfer rate maksimum HT3 10400 MB/s, yang disebut oleh AMD sebagai 5,2 GT/s (Giga transfer per second). Perlu diingat bahwa CPU ini akan tetap kompatibel dengan dengan rate yang lebih rendah. Ini berarti CPU berbasis HT3 dapat diinstal pada motherboard berbasis HT2, yang berkonsekuensi pada turunnya kinerja I/O mengikuti standar HT2.
2.5  Kelebihan Kekurangan Processor AMD
Kelebihan Processor AMD
- Harga relatif lebih murah daripada prosesor lain. 
- Hyper Transport, tekhnologi penggandaan bus pada jalur system sehingga data yang dapat diantar dalam satu waktu lebih banyak karena lintas data yang lebih cepat.
- Integrated Memory Controller, memungkinkan prosesor untuk melakukan pengaksesan memory langsung tanpa melewati chipset northbridge terlebih dahulu.
- Cool’n’Quiet, peningkatan kinerja prosesor sering meningkatkan konsumsi power dan kebisingan. Dengan teknologi ini memungkinkan penggunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan.
- Enhanced Virus Protection (EVP), tekhnologi yang memungkinkan prosesor mendeteksi virus sehingga tidak akan diproses apabila terdeteksi, aman terhadap prosesor.
- Dual Core, pemasangan 2 buah core pada satu processor yang berarti terdapat 2 pengeksekusi perintah dalam satu prosesor.
-  AMD64 Technology, teknologi untuk menjalankan aplikasi yang berbasis 64 bit.

Kekurangan Processor AMD
Masalah klasik AMD adalah cepat panas dan itu dapat diatasi dengan menggunakan cooler.
- AMD kurang terkenal dibandingkan dengan Intel dan lebih lambat dibanding Intel.
- Boros listrik

1.5. Perbedaan Processor AMD dan Intel

Keunggulan dan kekurangan Prosesor Intel dan Prosesor AMD :

  • Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE,SSE2, dan SSE3, tetapi pada AMD SSE2 dan 3DNow. 
  • Tetapi dari sekian banyak istruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel. 
  • L1 pada Intel maksimal 32K, sedang pada AMD adalah 128K. Bedasarkan beberapa test AMD dengan L1 128K lebih unggul dibanding dengan Intel. 
  • Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri pada AMD64 temperatur maksimum adalah 900C. 
  • Teknologi Intel lebih unggul dibanding AMD. AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi, seperti transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Doubly Digital Suround Sound. 



BAB 3
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Mikroprocessor atau lebih sering disebut processor adalah pusat pelaksana seluruh kerja komputer. Prosessor bertugas membagi pekerjaan pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, dan ini dilakukan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Kata mikroprosesor sering disingkat up.
AMD (Advanced Micro Devices) adalah perusahaan semikonduktor multinasional AS yang berbasis di Sunnyvale, California yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. AMD dirikan pada tahun 1969. AMD adalah pemasok global mikroprosesor terbesar kedua berdasarkan arsitektur x86 setelah Intel, ketiga terbesar pemasok untuk pengolahan grafis.

3.2 SARAN
Teknologi yang semakin berkembang dalam teknologi diharapkan dapat djadikan alat membantu mencari informasi bukan untuk hal yang negatif. Untuk itu Gunakan komputer secara bijak, sesuaikan dengan keperluan dan kebutuhannya, agar tidak dengan adanya perkembangan yang semakin pesat ini manusia di perbudak oleh teknologi, dan rusaknya moral bangsa.




DAFTAR PUSTAKA

1.      Meri S Maryam. 2014. Makalah Perkembangan Processor. Blog. http://merismaryam.blogspot.com/2014/02/makalah-perkembangan-processor.html [diakses tanggal 02 Oktober 2014].
2.      Kelompok6. 2012. Processor AMD. Document. http://updateinformatika.files.wordpress.com/2012/11/kelompok-6-processor-amd.pdf [diakses tanggal 02 Oktober 2014].
4.      Wikipedia. 2014. Advanced Micro Devices. Artikel. http://id.wikipedia.org/wiki/Advanced_Micro_Devices [diakses tanggal 03 Oktober 2014].
5.      Kurang Lebih. 2012. Kelebihan dan Kekurangan AMD. Blog. http://kuranglebihseperti.blogspot.com/2012/10/kelebihan-dan-kekuragan-amd.html [diakses tanggal 03 Oktober 2014].



About Unknown

Unknown
Recommended Posts × +

1 comments:

  1. Misi gan, izin share ya...

    Acer One 10-S100X
    Price Rp 3.799.000

    Spesifikasi :

    Tipe Prosesor : Intel Atom Quad Core
    Memori Standar : 2GB
    Tipe Grafis : Intel® HD Graphics
    Ukuran Layar : 10.1 Inch
    Resolusi Layar : 1280 x 800
    Tipe Layar : Touchscreen
    Speaker : Two built-in stereo speakers
    Kapasitas Penyimpanan : 32GB eMMC + 500GB HDD on Dock
    Wireless Network Protocol : IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
    Wireless Bluetooth : Bluetooth 4.0
    Sistem Operasi : Microsoft Windows 8.1
    Baterai : 6000mAh
    Daya Tahan Baterai : up to 5 hours
    Daya / Power : External AC Adapter
    Dimensi (PTL)
    > Tablet : 259 x173 x 10.3 mm
    > w/Dock: 259 x 181.6 x 24.3 mm

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih.... :)

    ReplyDelete