latest Post

Fitur-fitur Google Glass

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Google merupakan perusahaan internet terbesar. Semua orang pasti sudah tidak asing dengan nama Google. Google terkenal sebagai search engine yang paling sering digunakan. Kita hanya perlu mengetikkan kata kunci yang kita cari, maka Google akan mengeluarkan informasi yang terkait dengan pencarian kita.
Selain sebagai Search Engine, Google juga menyediakan berbagai fitur fitur seperti Blogger, Google Apss ,Gooogle Drive, Gmail,dll. Dan baru-baru ini Google telah mengeluarkan projek Google Glass terbaru yang kita dibahas dalam makalah ini.
Awalnya Google Glass merupakan perangkat yang masih dikembangkan dari Project Glass, Google X. Google X berperan dalam menciptakan perangkat-perangkat canggih. Teknologi seperti mobil yang dapat berjalan sendiri dari Google dan Project Loon, merupakan produk-produk awal yang dikembangkan oleh Google Glass.
Google Glass dipamerkan pertama kali pada tahun 2012 ke public, pada tahun itu Explorer Program baru diluncurkan.


1.2  Batasan Materi
Sejarah Perkembangan Goolge Glass?
Apa Itu Google glass ?
Fitur Yang dimiliki Google Glass?
Spesifikasi Google Glass?
Kelebihan Dan Kekurangan Google Glass?
Cara Memakai Google Glass?


BAB 2
PEMBAHASAN

 2.1 Sejarah Perkembangan Google Glass
Google Glass adalah produk dari Google yang paling ditunggu oleh para pengguna gadget dalam Google I/O tahun ini.
Engadget melansir, Kamis (16/05/13), Jean Wang yang merupakan salah satu insinyur dalam pengembangan proyek Google Glass, menjelaskan dalam sebuah video yang diunggah ke Youtube bila Google Glass sendiri berkembang dari konsep awal sebuah proyektor pico yang dipasang pada sebuah kacamata hingga menjadi bentuk cetak 3D seperti prototip Google Glass di kanan atas gambar, hingga terus berkembang dengan bentuk yang lebih baik.
      Dalam Google I/O tahun ini, Google Glass juga mengenalkan aplikasi terbarunya, yaitu MedRef for Glass. Fitur tersebut hadir untuk mempermudah pengguna mengingat nama dan wajah orang lain.

2.2 Apa Itu Google Glass
Google Glass merupakan sebuah perwujudan kacamata yang juga dipakai seperti layaknya sebuah kacamata biasa. Namun yang membedakannya adalah Google Glass ini dibuat dengan teknologi modern yang memiliki banyak fitur yang super canggih. Dengan kata lain, Google Glass merupakan sebuah perangkat teknologi perpanjangan dari smartphone yang berbentuk kacamata namun mempunyai kemampuan sepereti smartphone bebas genggam yang dikendalikan melalui perintah suara. Konsepnya adalah dengan meletakkan gadget di depan mata penggunanya.
Pada dasarnya, Google Glass merupakan gabungan dari kamera, layar, touchpad, baterai dan mikrofon yang disatukan dalam bentuk kacamata sehingga anda dapat dengan mudah memotret, mencari dan menerjemahkan apapun dan dimanapun.

Sesuai dengan namanya, Google Glass dikembangkan oleh perusahaan internet terbesar yaitu Google Inc. Tepatnya ini diciptakan oleh “Google X”, sebuah lab rahasia Google yang mempunyai tugas untuk menciptakan produk-produk teknologi masa depan dan diawasi langsung oleh Sergey Brin, co-founder Google. Projek ini diberi nama “Project Glass” dan dipimpin oleh professor bidang teknologi augmented reality, Thad Starner.
Dengan dirilisnya Google Glass, Google telah bekerjasama dengan perusahaan berbeda untuk membuat aksesoris dan bagaiman pengisian Glass, bersama dengan bahan lainnya untuk kacamata ini. Untuk nuansa Glass, Google juga telah bekerjasama dengan sebuah perusahaan Maui Jim dan Zeal Optics agar dapat memberi keteduhan kacamata pada setiap perangkatnya. Dan untuk aksesorisnya Google telah menghadirkan kantong pelindungf untuk menyimpan Glass, USB cable dan charger agar penggunya dapat mengisi daya dan mentransfer foto dan video kepada computer. Sebuah earbud mono juga akan dihadirkan dengan fungsi untuk melakukan panggilan telepon atau mendengarkan music.


Google Glass diharapkan aka nada di pasaran bagi masyarakat umum pada tahun ini. Dan untuk aksesoris Glass akan terjual pada toko Glass, dan direncanakan juga Google akan meluncurkan sebuah toko aplikasi yang akan melayani pengguna Google Glass pada tahun 2014 ini.

2.3  Fitur Yang Dimiliki Google Glass
1.      Mengambil gambar dengan perintah suara dengan hanya mengatan “Take A Picture”
2.      Merekam apapun yang kita lihat secara langsung dalam bentuk video
3.      Menshare apapun yang kita lihat dalam social media, seperti GlassTweet untuk mengirim tweet dari Glass dan Google Glass To Facebook untuk mengupload foto langsung ke facebook
4.      Mengirimkan pesan teks dengan melalui perintah suara
5.      Sebagai penunjuk arah melalui GPS
6.      Google Glass dapat menggunakan akses internet 3G/4G via tether smartphone dan juga akses wifi
7.      Memiliki fitur Bluetooth agar dapat terkoneksi dengan smartphone
8.      Memiliki aplikasi pengenal wajah yaitu MedRef for Glass, yang ditujukan untuk karyawan rumah sakit agar dokter dan perawat mendapatkan informasi data pasien dengan photo, suara dan catatan teks sehingga dapat dibagikan dengan perawat lain yang juga memakai Google Glass
9.      Menanyakan apapun secara langsung, seperti halnya searchbing di google
10.  Menerjemahkan apapun yang ingin kita katakan dalam berbagai bahasa
11.  Dapat membantu dalam memadamkan api, perangkat ini dapat menjadi perangkat hands-free yang dapat membuat petugas pemadam kebakaran waspada terhadap kebakaran, melacak letak hidran, membangun rencana untuk memadamkan api secara berstruktur dll
12.  Menyediakan informasi umum seperti cuaca, jadwal pesawat dll


            Mayoritas fitur yang dimiliki Google Glass hamper sama dengan smartphone, namun perbedannya adalah Google Glass dapat selalu terlihat dan langsung dipakai karena dalam bentuk kacamata (live) dan bias dikendalikan langsung dengan perintah suara (hands-free alias bebas genggam).

2.4 Spesifikasi Google Glass
·         Memiliki Prosesor Dual-Core Texas Instrument OMAP 4430 dengan RAM 682 MB
·          Case
-          Ukuran layar kecil (gelas kaca) adalah 0,75 inci kedalaman dan 0,375 inci lebar, tinggi 0,375 inci, dipasang antara alis dan kelopak mata, bukan di depan mata. Pemakai akan melirik ke atas dan ke kanan untuk membaca area tampilan yang aktif, yang merupakan setengah inci diagonal.
-          Glass berbentuk seperti sepasang kacamata tebal tanpa bingkai, persegi panjang agak menonjol dari bagian depan. Terdapat tombol power, speaker, lampu indikator, port Micro-USB dan tombol untuk mematikan dan menghidupkan kamera.
-          Baterai terpasang di belakang telinga kanan, dan tombol navigasi sentuh yang sensitif terdapat di lengan kanan.
·         Fitting
-          Batalan hidung dan frame yang dapat disesuaikan dengan semua bentuk wajah
-          Bantalan hidung tambahan dalam dua ukuran
-          Touchpad terletak disamping, berfungsi untuk mengontrol penggunaan fitur dengan cara menyentuh, menggesek dan menyentuhnya.
·         Layar
“Resolusi tinggi setara dengan display high definition dilihat dari jarak 2,5 meter”. Google mengatakan foto-foto yang ditampilkan di perangkat itu harus memiliki resolusi 640x360
·         Kamera
-          Foto : 5 megapixel
-          Video : HD 1280x720 p

·         Audio
“Bone Conduction Transducer” yaitu mentransmisikan suara ke telinga bagian dalam melalui tulang tengkorak penggunanya. Berkat fitur ini, pengguna tak memerlukan headphone untuk mendengarkan suara dari Google Glass.
·         Konektifitas
-          Bluetooth
-          Wi-fi 802.11b.g
·         Media Penyimpanan :
-          Penyimpanan internal 16 GB (dengan 12 GB ruang kosong yang bias dipakai) dapat menyimpan hasil tangkapan gambar atau rekaman video
-          RAM 682 MB
-          Media penyimpanan ini tersinkronisasi dengan layanan Cloud Storage Google
·         Baterai
-          Google Glass dapat digunakan satu hari penuh, kecuali dipaki untuk merekan video atau Conferencing (hangout) alias mengobrol di Google Hangout
-          Charger khusus dengan port micro-USB
·         Kompabilitas
-          Semua ponsel dengan kapabilitas Bluetooth
-          Software pendamping MyGlass membutuhkan sistem operasi Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich) atau yang lebih baru.
-          MyGlass membuka fitur GPS dan SMS serta kompas pada Google Glass.

2.5 Kelebihan Kekurangan Google Glass
Kelebihan Google Glass
-          Navigasi dengan jari digunakan untuk menjelajah di internet
-          Mengambil dan merekam gambar dari kacamata
-          Kamera dapat digunakan hanya dengan perintah suara
-          Gambar mampu direkam hingga resolusi 640x360 pixel
-          Bingkai Glass terbuat dari titanium sehingga nyaman dan ringan digunakan
-          Sebagai penunjuk arah
-          Dapat menerjemahkan semua hal dalam bahasa lain
-          Voice activation dan voice recognition yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai fungsi dengan perintah suara, sehingga tidak perlu menggunakan jari dalam melakukan perintah
-          Mengetahui jadwal penerbangan, kereta api dan bus secara real-time. Bahkan pengguna bias tahu jika penerbangan tertunda atau tepat waktu
-          Video chat, pengguna akan dapat berbagi apa yang dia lihat kepada orang lain. Pada saat yang sama pengguna dapat meliaht orang yang ia ajak mengobrol di pojok kanan atas layar.
-          Virtual reminder, Google Glass akan diam-diam mengingatkan sesuatu kepada anda di tampilan layar kaca Google Glass
-          Memiliki kemampuan mencari data untuk berpergian, dengan menggunakan konektifitas ke aplikasi dan internet, data yang anda cari akan ada pada perangkat layar.

Kekurangan Google Glass
            Secanggih apapun suatu produk, pasti akan ada kekurangan dari produk tersebut. Antara lain :
-          Bias digunakan untuk mengintip lawan jenis
-          Melihat pornografi
-          Digunakan untuk memata-matai seseorang
-          Membuat para penggunanya antisocial
-          Dapat menyebabkan kecelakaan saat berkendara
-          Kualitas suara yang rendahan, Google Glass tidak menggunakan earphone untuk mentransmisikan suara ke telinga pengguna, sehingga suara akan terdengar seperti berbisik-bisik
-          Tak memberikan ruang interaksi, karna menggunakan perintah suara, terkadang pengguna secara tidak sengaja akan salah bicara sehingga akan memberikan perintah pada Google Glass, ini akan merepotkan bagi pengguna yang sedang sibuk
-          Tak tertata rapi, semua aplikasi Google Glass ditampilkan dalam satu layar, tak ada folder yang mengelompokkannya
-          Kapasitas baterai akan cepat habis jika digunakan untuk merekam atau mengambil gambar. Jika dipakai untuk itu maka baterai hanya akan bertahan selama 4 jam
-          Keamanan data, dikabarkan seseorang telah mengklaim dapat men-jailbreak Google Glass
-          Pengguna dinilai tidak bias berbuat banyak tanpa aplikasi yang tepat
-          Harga lumayan mahal berkisar sekitar 1.500 USD atau sekitar 15 juta rupiah untuk satu kacamata

2.6 Cara Memakai Google Glass
Selain menggunakan touchpad yang hamper sama dengan laptop, Google Glass juga menggunakan control suara
Untuk mengaktifkan Google Glass dengan suara, pengguna bisa menengadahkan kepalanya 30° ke depan atau mengetuk touchpad, lalu mengatakan: "OK, Glass".
Setelah Google Glass aktif, pengguna bisa mulai menggunakannya untuk menjalankan fitur yang ada. Cara menjalannya hanya dengan mengatakan perintah suara: "Take a picture", "Record a video", dll.
Bahkan  jika pengguna ingin mendapatkan arah ke suatu tempat, bisa dengan cara memberikan perintah suara, misalnya: "Give me directions to the Monas". Jika ingin mengirim pesan, "Send a message to Father". Jika ingin menanyakan sesuatu, tinggal mengatakan: "Google, how far from Bogor to Jakarta.


BAB 3
SIMPULAN

Google Glass memberikan  navigasi dengan jari untuk berselancar di internet, sehingga pengguna dapat menekan trackpad untuk melakukan zoom in dan zoom out sebuah situs. Kacamata ini ditanamkan sejumlah sensor untuk membedakan perintah suara dan gerakan.
            Mengambil gambar pada Google Glass dapat dilakukan dengan kedipan mata, fitur ini akan dapat dimatikan, mengingat pengguna tidak ingin repot jika tiap kali mereka mengedipkan mata, lalu kacamata akan mengambil gambar.
Daniel J. Simons adalah profesor dalam bidang psikologi dan advertising di Universitas Illinois, dan Christopher F. Chabris adalah profesor psikologi di Union College.
Keduanya meneliti perangkat Google Glass bisa dihubungkan dengan internet lewat perintah suara dan menampilkan informasi lewat layar kacamata tersebut. Dalam kolom artikel yang dimuat New York Times, kedua profesor tersebut meneliti bahaya dari perangkat ini. Mereka mengatakan, bahwa sebagian besar setuju bahwa perangkat yang menempatkan kamera dan display-nya tepat di sudut pandang mata tentu lebih menarik perhatian. Dan hal ini secara tidak sengaja akan mengganggu kemampuan kognitif pengguna dengan kemungkinan konsekuensi yang berbahaya, jika dipakai secara berkesinambungan.
Google mengeluarkan pernyataan bahwa anak-anak yang berusi diabawah 13 tahun dilarang untuk menggunakan Google Glass. Dalam situs resminya, Google mengatakan: “Jangan izinkan anak-anak berusia di bawah 13 tahun menggunakan Glass karena dapat mengganggu perkembangan penglihatan mereka, Glass tidak untuk semua orang, sama seperti ketika memakai kacamata, sejumlah orang mungkin akan merasa tekanan pada mata atau mengalami sakit kepala.”
“Anak-anak mungkin bias memecahkan Glass dan melukai diri sendiri, dan syarat ketentuan Google juga tidak mengizinkan mereka yang berusia di bawah 13 tahun mendaftar kea kun Google.” Saat BBC menanyakan lebih jauh tentang bagaimana glass dapat mempengaruhi pandangan anak-anak, Google tidak memberi rincian lebih lanjut.
Pada awal tahun ini, Sergey Brin (salah satu pendiri Google) mengatakan bahwa Google Glass telah mengantongi safety license (atau semacam lisensi keamanan bagi kesehatan) untuk pengguna. Beliau mengatakan bahwa desainer Google mendesain sebuah perangkat yang cerdas yang bisa membebaskan kedua tangan dan mata para pengguna komputer, agar pengguna dapat lebih bebas beraktivitas.
Google Glass alias kacamata pintar Google baru akan dijual secara luas pada 2014. Namun Google sudah punya rencana lain, yakni menghadirkan versi murah dari kacamata tersebut.
Sebagai gambaran, Google Glass yang dijual ke para developer awal tahun ini berada di kisaran USD 1.500. Namun saat dipasarkan untuk umum nanti harganya dikabarkan menurun hingga USD 299 atau di kisaran Rp 3 jutaan. Harga Google Glass versi murah kemungkinan berada di bawahnya.
Melibatkan para pengguna pemula yang ikut menguji coba produk, lalu merilisnya secara bertahap, adalah strategi yang akrab digunakan Google. Strategi ini juga yang diterapkan Google untuk Google Glass. Seperti dilansir AFP, sekitar 10 ribu pemilik Google Glass pemula yang ikut menguji perangkat ini, diperbolehkan mengundang hingga tiga orang untuk membeli Google Glass.
Para pengguna Google Glass pertama, umumnya terdiri dari para developer, programmer dan  pemenang kontes online Google Glass yang diadakan Google awal tahun ini.
            Apapun model dan harga Google Glass yang akan keluar, diharapkan akan dapat membawa dampak positif yang lebih besar bagi masyrakat luas pada umumnya.


DAFTAR PUSTAKA

1.      Jang Denny. 2013. Makalah Google Glass. Artikel. http://jangdenny.blogspot.com/2013/12/contoh-makalah-google-glass.html [diakses tanggal 08 September 2014].
2.      Tanya Maman. 2013. Apa Itu Google Glass?. Artikel. http://www.tanyamaman.com/2013/08/google-glass.html [diakses tanggal 05 September 2014].
3.      Norma. 2014. Google Glass?. Artikel. http://norma07dp.wordpress.com/2014/01/24/google-glass-spesifikasinya-manfaatnya-kelebihan-kekurangannya/ [diakses tanggal 05 September 2014].




About Unknown

Unknown
Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment