latest Post

Aktivitas dalam sosial media

SOAL
            Sebutkan aplikasi social media yang digunakan dan jelaskan aktivitas apa saja yang kalian lakukan dalam penggunaan aplikasi tersebut!

JAWAB
1.      Facebook
-          Update status
Pada social media facebook, saya tidak terlalu sering melakukan update status suatu kegiatan, saya lebih sering menggunakan fitur ini untuk melakukan update status untuk kata-kata bijak.
-          Memberi tanggapan terhadap status pengguna lain
Saya biasa menggunakan fitur ini untuk menyukai atau mengomentari status pengguna lain.
-          Berkomunikasi secara lebih privasi
Dengan fitur yang dinamakan message, saya tidak hanya dapat menggunakan ini untuk mengirim pesan teks atau picture, namun ini juga sangat membantu saya dalam pengerjaan tugas sekolah atau kampus. karna facebook menyediakan fitur untuk mengirim document kepada teman secara privasi.
-          Posting photo/video
Saya juga biasa menggunakan fitur ini untuk meng-upload photo atau moment-moment berharga lainnya kepada semua pengguna facebook dan saya dapat men‘tag’ orang-orang dalam photo yang saya upload.
-          Mengetahui informasi penting dari suatu komunitas yang ada
Dalam facebook, saya dapat membuat grup atau komunitas tertentu yang berfungsi untuk saling memberikan informasi kepada anggota dari grup tersebut. Fitur ini sangat berguna bagi saya untuk mengetahui berita terbaru dari civitas akademik perkuliahan.
-          Menambah lebih banyak teman
Dengan adanya batasan teman dalam facebook yang mencapai 5000 orang, memungkinkan saya untuk berhubungan dengan semua teman-teman saya, baik jauh maupun dekat.

2.      Twitter
-          Update status
Pada twitter, Status disebut dengan nama Tweet. Karakter saat membuat tweet mempunyai batas 140 karakter. Saya sering membuat tweet tentang kegiatan yang saya lakukan melalui twitter, karna menurut saya tampilan twitter lebih simple dibandingkan dengan facebook.
-          Mengomentari status pengguna lain
Saya sering mengomentari tweet teman-teman saya tentang kegiatan yang mereka update karna sekali lagi twitter menurut saya lebih praktis untuk social media yang bersifat daily.
-          Men-share status orang lain
Ini adalah fitur twitter yang paling saya sukai, karna saya dapat membagikan suatu tweet yang saya anggap menarik kepada semua pengguna yang mengikuti akun saya.
3.      Instagram
-          Posting photo
Karna fungsi utama instagram memang adalah sebagai sarana untuk berbagi photo/video. Saya sangat suka berbagi photo pada aplikasi ini, karna photo yang saya upload di instagram akan otomotatis ditampilkan pada profil social media yang lain, seperti facebook, twitter, foursquare dll.
-          Melihat postingan photo pengguna lain
Fitur ini adalah fitur utama selain meng-upload photo, kita dapat melihat berbagai photo dari berbagai akun di dunia yang memposting photo mulai dari photo pribadi, photo komersil sampai photo kegiatan artis favorite kita.
-          Memberi tanggapan terhadap postingan photo pengguna lain
Fitur ini dapat membuat saya lebih dapat mencari tahu informasi tentang photo/video yang diposting dengan cara memberikan komentar, misalnya saja seperti photo suatu produk baju, saya dapat mengetahui bahan dan harga dari baju tersebut tanpa harus repot-repot pergi ke toko.
-          Membatasi teman yang dapat berhubungan dengan kita
Pada fitur ini saya dapat mengunci profil saya dan saya juga dapat memilih siapa-siapa saja yang saya inginkan untuk menjadi pengikut/follower saya.

4.      Line
-          Berbagi moment
Saya suka membagikan moment-moment saya pada Line, karna line memliki fitur supaya dapat melakukan update status atau sharing moment dilengkapi dengan stiker-stiker lucu yang sudah disediakan oleh Line.
-          Melakukan obrolan secara privasi dengan satu orang atau satu grup
Dalam melakukan obrolan, saya dapat mengirimkan teks, photo, album photo, note, video sampai rekaman suara. Line juga memiliki fitur untuk membuat grup. Namun pada line, obrolan dalam grup akan terlihat lebih akrab karna saya akan melihat setiap obrolan menjadi kotak-kotak dialog kecil yang diurut sesuai waktu pengirimimannya dan ini membuat saya lebih mudah untuk membacanya.
-          Memainkan game
Line menyediakan akses langsung kepada game-game produksinya secara gratis. Saya hanya perlu mendownloadnya dan memainkannya secara online.
-          Menambahkan official account tertentu
Official account terdiri dari akun brand-brand terkemuka, artis dan penyanyi juga produk makanan atau minuman. Saya akan dapat mengetahui informasi atau acara-acara khusus yang diselenggarakan oleh akun tersebut dengan menambahkannya menjadi teman saya.
-          Mengikuti event-event yang diselenggarakan Line
Line sering memberikan promo-promo tertentu atau event-event yang memberikan hadiah dengan cuma-cuma. Ini adalah salah satu fitur tambahan untuk memanjakan pengguna Line.

5.      Path
-          Melakukan update kegiatan apapun yang sedang kita lakukan
Path memberikan fitur untuk melakukan update status, update lagu yang sedang didengarkan, update lokasi, update photo dan video bahkan update waktu saat kita bangun dan tidur. Saya sangat suka dengan fitur pada path ini karna dapat memberikan secara lengkap dan terperinci tentang kegiatan yang saya lakukan dalam satu hari dan juga saya dapat mengetahui kegiatan teman-teman saya.
-          Memberi tanggapan terhadap kegiatan pengguna lain
Menurut saya ini adalah fitur path yang cukup unik, saat saya ingin memberi tanggapan kepada salah satu kegiatan teman saya, saya tidak hanya sekedar meninggalkan tanda suka J, tapi saya juga dapat memberikan emoticon lain sesuai dengan perasaan saya setelah saya melihat kiriman dari teman saya, seperti terpana :o , tertawa :D dan sedih L.
-          Privasi diutamakan
Fitur path yang paling saya sukai adalah, saya bisa mengetahui siapa saja yang mengunjungi profil saya. Dan juga siapa saja orang yang mendengarkan lagu yang saya update.

6.      BBM
-          Menambahkan teman dengan PIN
Saya dapat dengan mudah menambahkan teman pada aplikasi ini, tinggal mengetikkan pin atau men-scan barcode kode pin.
-          Melakukan update Personal Message
Personal message juga bisa disebut dengan status. BBM juga menurut saya merupakan aplikasi yang penggunaannya bersifat daily. Jadi saya dapat melakukan update setiap saat.
-          Melakukan chat dengan pengguna lain
Ini adalah fitur BBM yang paling saya sukai, saat mengirimkan chat kepada pengguna lain. BBM akan memberitahu jika chat yang saya kirim sudah diterima dan dibaca atau tidak terkirim.

7.      Soundcloud
-          Meng-upload rekaman suara
Pada fitur ini saya dapat memposting rekaman suara saya atau rekaman dari suatu lagu
-          Mengikuti informasi lagu terbaru dari penyanyi favorite
Saya akan dapat mengikuti akun dari penyanyi favorite saya dan dapat mendengarkan karya-karya terbaru dari penyanyi tersebut. Jadi saya tidak akan ketinggalan lagu terbaru dari penyanyi kesukaan saya.


About Unknown

Unknown
Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment