PROPOSAL
PEMBUATAN KATALOG KOSMETIK
DISUSUN
OLEH :
Veronica
Ambassador (26)
SMK
N 1 KUTA SELATAN
PROPOSAL
PENAWARAN PRODUK/JASA
Nama
Sekolah : SMK NEGERI 1 KUTA SELATAN
Program
Keahlian: MULTIMEDIA
NIS : 2333
Nama : Veronica Ambassador
Kelas : Xll MM1
JUDUL PROYEK ` : Proposal Pembuatan Katalog Kosmetik
Kuta Selatan, 1
Februari 2014
Menyetujui,
Guru Pembimbing Siswa
Putu Melly Soliastini Veronica Ambassador Flores
NIP. 198507092011012014 NIS. 2333
Kata Pengantar
Puji
syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat Nya atas segala
nikmat, rahmat dan karunia-Nya yang tak terhingga sehingga penulis dapat
menyelesaikan proposal yang berjudul Katalog Kosmetik.
Makalah ini merupakan salah satu
syarat dalam mengikuti pendidikan yang tengah penulis laksanakan. Penulis juga
mengucapkan terima kasih kepada segenap pembimbing yang telah memberikan
arahan, dukungan serta kesabaran dalam memberikan bimbingan kepada penulis,
rasanya tiada kata yang pantas diucapkan selain terima kasih yang tak
terhingga.
Tiada gading yang tak retak
andaipun retak jadikanlah sebagai ukiran, begitupun dengan proposal ini masih
banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Untuk itu melalui kata pengantar
ini penulis sangat terbuka menerima kritik serta saran yang membangun sehingga
secara bertahap penulis dapat memperbaikinya.
Namun demikian penulis sangat
berharap kiranya proposal ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang
besar terhadap perkembangan dalam dunia tata rias khususnya pengaruhnya baik
positif maupun negatif terhadap para wanita Indonesia.
Denpasar, 27 Januari 2014
Penulis,
Veronica Ambassador
Daftar Isi
I.
Latar Belakang……………………………………………………... 02
II.
Keunggulan Dan Fungsi Produk/ Jasa…………………………….. 02
III. Sketsa
/ Gambar Kerja……………………………………………... 04
IV. Bahan…………………………………………………………….… 05
V.
Fasilitas / Peralatan………………………………………………… 05
VI.
Proses Produksi……………………………………………………. 06
VII. Rencana
Anggaran Biaya…………………………………………... 08
VIII. Sasaran
Pasar / Pengguna………………………………………...… 08
IX. Jadwal
Pelaksanaan…………………………………………………09
I.
LATAR BELAKANG
Dengan perkembangan arus era globalisasi yang begitu pesat di
jaman sekarang ini, semua serba dituntut untuk cepat mulai dari pekerjaan
sampai kebutuhan sehari-hari. Dan tentu perkembangan ini pun juga diikuti
dengan perkembangan emansipasi wanita yakni banyaknya wanita saat ini yang
memilih untuk menjadi wanita karir yang kegiatannya pun dituntun cepat sama
seperti layaknya kaum pria, oleh karna itu sebagian besar wanita karir
menghabiskan sebagian besar waktunya untuk pekerjaan yang mereka lakoni
dibandingkan dengan mengurus penampilan mereka sendiri. Maka karna itu penulis
akan membuat catalog yang khusus memuat tentang produk-produk kecantikan
sebagai media cepat untuk para wanita yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke
outlet-otlet kosmetik. Dengan adanya produksi buku catalog ini, konsumen dapat
memilih produk kecantikan mereka dimanapun tanpa harus menyita banyak waktu.
Oleh karena itu dalam pengerjaan Tugas Akhir kali ini penulis
mengangkat judul “KATALOG KOSMETIK” dimana dalam pengerjaannya penulis akan
memadukan antara text dan image. Penulis mengambil judul diatas
karena sebagaimana yang kita ketahui katalog yang berbentuk buku ini tidak
banyak memakan tempat dan dengan gambar visualisasi yg ada di dalamanya,
konsumen dapat merasakan langsung efek saat menggunakan produk tersebut.
I.
KEUNGGULAN
DAN FUNGSI PRODUK / JASA
Setelah
melihat Latar Belakang diatas maka keunggulan dari “Katalog Kosmetik” ini
adalah sebagai berikut :
·
Katalog ini lebih memberikan gambar yang lebih
realistis dan modern sehingga pengguna tidak bosan untuk melihatnya
·
Katalog ini berisi teks dan image yang sudah
diatur dengan proporsional sehingga memudahkan dalam memahami isi teks
·
Katalog ini diberikan sentuhan editing yang
lebih colorfull, sehingga anak muda pun akan suka untuk membaca catalog ini
·
Catalog ini akan dikemas dengan jenis kertas
covernya yang lebih tebal daripada nya isinya, agar tidak musah rusak saat
terkena air
·
Karna catalog ini berbentuk buku, maka konsumen
dapat melihatnya berulang-ulang dan dapat disimpan sebagai reverensi produk.
Sedangkan
fungsi dari “Katalog Kosmetik”ini adalah :
·
Dapat membantu dan mempermudah para perempuan untuk
menghemat waktu mereka tanpa harus pergi ke outlet-outlet kecantikan.
·
Selain itu katalog ini juga juga dapat dijadikan
sebagai peluang ekonomi untuk anak muda yang ingin menawarkan produk kecantikan
ke orang-orang di sekelilingnya tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.
II.
SKETSA /
GAMBAR KERJA
III. BAHAN
No
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Sistem Operasi
|
Windows 7
|
set
|
1
|
2.
|
Digital Imaging
|
Adobe Photoshop 7.0
|
set
|
1
|
3.
|
Editing
|
Adobe Photoshop 7.0
|
set
|
1
|
4.
|
Tinta print
|
Data Print
|
pcs
|
1
|
5.
|
Kertas Resolusi
|
Tabloid
|
pcs
|
1
|
6.
|
Majalah kosmetik
|
-
|
pcs
|
1
|
IV. FASILITAS / PERALATAN
No
|
Nama Alat
|
Spesifikasi
|
Satuan
|
Jumlah
|
Pemilik
|
1.
|
Laptop
|
-
Intel® Pentium® P6200
-
14.o” HD LED LCD
-
Intel® HD Graphics
-
1 GB DDR3 Memory
-
320 GB HDD
-
Keyboard Acer
-
Mouse “4ever”
|
Unit
|
1
|
Pribadi
|
2.
|
Printer
|
Canon Pixma IP1000
|
Unit
|
1
|
Pribadi
|
3.
|
Scanner
|
CanonScan D646U ex
|
Unit
|
1
|
Pribadi
|
4.
|
Camera
|
Canon EOS 600D
|
Unit
|
1
|
Pribadi
|
V.
PROSES
PRODUKSI ( SISTEMATIKA KERJA )
Ruang
Lingkup Kegiatan :
1. Pra Produksi
a.) Analisis Permasalahan dan Tujuan
Dalam kegiatan ini penulis menganalisis permasalahan yang ada dan
mengetahui kebutuhan yang menyangkut pembuatan buku Katalog ini. Melalui
kegiatan ini, saya dapat menentukan tujuan dari catalog yang saya buat dan
bagaimana saya harus mengemasnya.
b.) Pengumpulan Data
Sesuai dengan tujuan yang dirumuskan, maka selanjutnya dilakukan kegiatan
pengumpulan data. Pada proses ini penulis melakukan pengumpulan data melalui internet,
majalah-majalah kosmetik dan observasi langsung ke outlet-outlet kosmetik.
c.) Menginstall Software
Pada proses ini penulis menginstall software-software yang dibutuhkan
untuk pembuatan dan pengeditan catalog ini.
d.) Penyusunan Tim
Tim
|
Jumlah Tim
|
Editor
|
8
|
Designer
|
4
|
Fotographer
|
2
|
Pemasaran
|
10
|
2. Produksi
a.) Pembuatan konten
Dalam proses ini, penulis akan mengambil berupa gambar model, gambar
produk kosmetik dan gambar untuk cover catalog dengan menggunakan kamera Canon
EOS 600D.
b.) Pemprosesan konten
Pada proses ini penulis akan mengedit semua konten yang diperlukan dalam
pembuata catalog.
·
Teks
Penambahan dan pengeditan pada teks akan dilakukan di Adobe Photoshop 7.0
·
Image
Di sini hasil pengambilan gambar tadi akan dipilah dan diedit untuk
memperindah tampilannya dengsn software Adobe Photoshop 7.0, dan juga disini
akan ditentukan gambar yang akan dijadikan cover catalog.
c.) Penggabungan
konten
Setelah selesa melewati proses pengeditan, disini semua konten akan
digabunggan, mulai dari gambar model dan produk yang digunakan. Gambar akan
disusun sesuai urutannya dan akan diberikan penjelasan tentang kosmetik itu
sendiri dengan teks yang sudah kita kita buat tadi
3. Pasca Produksi
a.) Pemeriksaan
Setelah melakukan proses pencetakan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan
pemeriksaan secara menyeluruh pada gambar dan teks yang ada.
b.) Pengujian
Membuat 10 sampel buku catalog, lau diberikan kepada para konsumen. Lalu
melakukan uji pendapat dari 10 konsumen yang telah melihat dan membaca catalog,
lalu mengumpulkan semua pendapat atau kritikan dari 10 konsumen, mulai dari
tampilan atau cover produks ampai dengan isi produk, seperti kesalahan pada
pencetakan atau perbedaan antara gambar dengan keterangan gambar yang ditulis.
d.) Revisi
Setelah semua kekurangan produk catalog terkumpul, maka dilakukan
perbaikan-perbaikan dari segi tampilan konten-konten yang ada di dalamnya.
e.) Penggabungan Ulang Materi
Setelah semua konten di revisi dan diperbaiki, semua konten digabunggkan
menjadi sebuah buku catalog. Setelah semua selesai, catalog tinggal di kemas
dalam bentuk buku lalu diperbanyak sesuai dengan permintaan pasar lalu di
pasarkan.
VI. RENCANA ANGGARAN BIAYA
Biaya
yang diperlukan dalam pembuatan produk ini :
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga
|
|
Satuan (Rp)
|
Jumlah
|
||||
1.
|
Akses internet
|
jam
|
5
|
4.000
|
Rp.
20.000
|
2.
|
Tinta Print
|
pcs
|
1
|
25.000
|
Rp.
25.000
|
3.
|
Kertas Resolusi (isi)
|
pcs
|
1
|
25.000
|
Rp. 25.000
|
4.
|
Kertas Resolusi (cover)
|
pcs
|
1
|
35.000
|
Rp. 35.000
|
5.
|
Majalah kosmetik
|
pcs
|
1
|
15.000
|
Rp.
15.000
|
6.
|
Upah kerja
|
-
|
-
|
100.000
|
Rp. 100.000
|
Total Biaya
|
Rp. 220.000
|
VII. SASARAN PASAR / PENGGUNA
Target
pengguna Katalog ini adalah :
·
Para wanita karir ataupun ibu rumah tangga yang
tidak mempunyai banyak waktu untuk pergi ke outlet kosmetik
·
Untuk para anka muda ataupun remaja yang juga
ingin mempercantik diri dan menambah rasa percaya diri mereka
VIII. JADWAL PELAKSANAAN
Jadwal
Pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
NO
|
KEGIATAN
|
JANUARI
|
PEBRUARI
|
MARET
|
APRIL
|
RENTANG WAKTU
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||
1
|
Analisis permasalahan dan tujuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Selasa 21 /1 – Selasa 28/1-2014
|
|
2
|
Pengumpulan data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rabu 29 /1 - Kamis
06/2-2014
|
|
3
|
Penginstalan software
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumat 7/2 - Rabu
12/2-2014
|
|
4
|
Penyusunan Tim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kamis 13/2 – Kamis 20/2-2014
|
|
4
|
Pembuatan konten
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumat 21/2 - Sabtu
1/3-2014
|
|
5
|
Pemprosesan konten
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Senin 3/3 - Rabu
12/3-2014
|
|
6
|
Penggabungan konten
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kamis 13/3 – Sabtu 22/3-2014
|
|
7
|
Pemeriksaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Senin 24/3 – Rabu 26/3-2014
|
|
8
|
Pengujian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kamis 27/3 – Senin 30/3-2014
|
|
9
|
Revisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Selasa 31/3 - Kamis
3/4-2014
|
|
10
|
Penggabungan ulang materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumat 4/3 - Senin
7/4/-2014
|
|
haii... boleh kenalan gaa?
ReplyDelete